Majelis PBB Dukung “Gencatan Senjata Kemanusiaan” di Gaza

Nadiyah Dzakirah - News
29 October 2023 03:01
Anggota Majelis Umum PBB melakukan pemungutan suara mengenai resolusi mengenai situasi di Wilayah Pendudukan Palestina. (Foto: UN Photo)

NEW YORK - Majelis Umum PBB pada hari Jumat (27/10), mengadopsi resolusi yang menyerukan “gencatan senjata kemanusiaan” untuk mengirimkan pasokan penting ke Jalur Gaza, yang hancur akibat serangan Israel terhadap kelompok militan Palestina Hamas.

Sebanyak 121 dari 193 anggota mendukung resolusi tidak mengikat tersebut, dengan Amerika Serikat, Israel dan 12 negara lainnya menentangnya, dan 44 negara termasuk Jepang abstain.

Majelis mengadopsi resolusi besar yang menyerukan “gencatan senjata kemanusiaan segera, tahan lama dan berkelanjutan yang mengarah pada penghentian permusuhan”; itu diusulkan oleh Yordania dan didukung oleh lebih dari 45 Negara Anggota.

Resolusi tersebut mengutuk “semua tindakan kekerasan yang ditujukan terhadap warga sipil Palestina dan Israel, termasuk semua tindakan terorisme dan serangan tanpa pandang bulu” dan menyatakan “keprihatinan besar” terhadap situasi kemanusiaan yang sangat buruk di Jalur Gaza.

Baca juga:
PSM Fokus Berikan Performa Dan Hasil Bagus Lawan Borneo FC

Sebuah amandemen, yang diusulkan oleh Kanada dan didukung oleh lebih dari 35 Negara Anggota, termasuk AS, yang berupaya mengecam Hamas secara eksplisit, tidak berhasil dan gagal mendapatkan dua pertiga dukungan.

Dalam pertemuan tersebut, perwakilan Amerika Serikat menyatakan bahwa setelah krisis ini berakhir, “tidak ada jalan untuk kembali ke status quo, seperti yang terjadi pada tanggal 6 Oktober”, dan menekankan pentingnya solusi dua negara.

Militer Israel pada hari Sabtu (28/10) menyatakan bahwa mereka telah meluncurkan operasi darat skala penuh di Gaza untuk menghancurkan Hamas.


Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment